Peran Perpustakaan Madrasah dalam mengembangkan program literasi
![]() |
Kredit: The Guardian |
Pada artikel kali ini, saya akan
memberikan sedikit ulasan dari sebuah artikel jurnal yang membahas peran
perpustakaan Madrasah dalam mengembangkan program literasi di kalangan pelajar.
Tradisi atau budaya membaca di
kalangan masyarakat Indonesia masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan terjadinya
peralihan tradisi lisan ke tradisi membaca dan menulis dalam menyampaikan
informasi. Tingkat melek huruf masyarakat Indonesia tergolong cukup tinggi.
Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia lebih suka menyampaikan informasi
secara lisan dibandingkan tulisan.
Untuk mewujudkan program literasi
di kalangan masyarakat, dapat dilakukan dengan cara menggalakkan budaya membaca
sejak usia dini terutama pada anak-anak usia sekolah maupun pra-sekolah.
Lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab dalam menggiatkan budaya membaca
kepada peserta didiknya, salah satunya termasuk Madrasah. Madrasah merupakan
salah satu institusi pendidikan Islam yang memegang peranan penting dalam mempromosikan
program literasi. Oleh karenanya, perpustakaan Madrasah perlu mempromosikan
program literasi kepada para siswa. Namun demikian, masih ada kendala yang
harus dihadapi oleh Perpustakaan Madrasah dalam memberikan edukasi serta
mempromosikan kebiasaan membaca di kalangan siswa.
Lalu, langkah apa yang harus
diambil oleh perpustakaan Madrasah dalam mengembangkan program literasi?
Untuk lebih jelasnya, kamu dapat
mengunduh arikel jurnal “Peran Perpustakaan Madrasah dalam memajukan program
literacy di lembaga pendidikan ke-Islaman” pada link berikut: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31120
Sumber:
Junaidy, M. A. (2007). Peran
Perpustakaan Madrasah dalam memajukan program literacy di lembaga pendidikan
ke-Islaman. Al-Maktabah, 9, 68–80.
Leave a Comment